5 Pekerjaan yang Berhubungan Erat dengan Musik

5 Pekerjaan yang Berhubungan Erat dengan Musik

5 Pekerjaan yang Berhubungan Erat dengan Musik

5 Pekerjaan yang Berhubungan Erat dengan Musik – Hari ini sedang surfing di Yahoo, tiba-tiba kesasar ke blognya Maylaffayza, seorang pemain biola yang rajin nge-blog.

Ada satu posting yang menarik perhatianku, tentang ragam profesi-profesi di bidang musik. Posting itu cocok untuk membuka wawasan bahwa profesi di bidang musik itu tak hanya menjadi penyanyi atau pemain band semata. Tetapi sesungguhnya banyak jalur yang terkait dengan dunia musik dan industri musik. Apa saja itu? yuk di simak..

1. Penulis lagu 

Kalau kamu mempunyai kecintaan terhadap dunia musik dan sastra, profesi ini sangat pas untukmu. karena, penulis lagu biasanya harus berpikir kreatif dalam menuangkan ide atau gagasannya sehingga bisa menjadi lirik lagu yang berkualitas dan menyentuh hati.

Pekerjaan ini juga bisa dilakukan di mana pun dengan santai, bahkan dengan peralatan yang terbatas.

2. Kurator musik 

Kurator musik merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi antar manusia namun melalui medium suara. Secara spesifik, kurator musik bertugas untuk menyeleksi, menyusun, dan mengatur daftar lagu yang tepat untuk klien.

Pilihan lagu pun disesuaikan dengan kebutuhan, citra, fungsi, dan suasana yang ingin diciptakan. Dengan kata lain, profesi ini berhubungan dengan musik yang sering digunakan oleh sebuah brand untuk menciptakan momen dan mood tersendiri.

Meski terdengar asing, kurator musik juga dikenal sebagai profesi yang menjanjikan, lho!

3. Promotor musik 

Promotor musik merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab besar ketika akan digelar konser musik. Mulai dari bertemu dengan manajer musik atau musisi secara langsung, negosiasi, hingga akhirnya sang musisi bisa tampil dalam sebuah konser.

Selain itu, promotor juga bertugas menyediakan kebutuhan artis, merancang acara, mempromosikan acara, mencari tempat untuk konser, hingga memastikan bahwa konser berjalan dengan lancar.

4. Terapis musik

Kamu mungkin tidak pernah mendengar profesi yang satu ini. Namun, ketahuilah bahwa terapis musik merupakan profesi yang bertugas untuk membantu seseorang yang memiliki kesulitan sosial, emosional, atau fisik dengan bantuan suara atau musik.

Oleh karena itu, seorang terapis musik harus memiliki keterampilan bermusik untuk membantu perkembangan kesehatan pasiennya.

5. Sound engineer 

Sound engineering merupakan profesi yang memanfaatkan keahlian dalam penggunaan mesin dan perangkat musik untuk rekaman, audio editingmixingmastering, dan produksi suara.

Profesi ini kerap dibutuhkan dalam proses perekaman suara para penyanyi untuk dijadikan sebuah lagu. Selain itu, ia juga dibutuhkan ketika sebuah konser berlangsung.

Comments are closed.