8 Jenis Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

8 Jenis Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Jenis Jaringan Komputer – Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat bukan saja membuat segala pekerjaan menjadi lebih mudah, tetapi juga membuat komunikasi dengan orang lain jauh menjadi lebih lancar.

Tentunya di jaman ini, tentunya kita tak lepas dari penggunaan komputer, baik itu saat bekerja ataupun di tempat umum. Tetapi sebelum mengengerti mengenai jaringan komputer, mari kita bahas lebih dahulu jenis dan fungsinya.

Baca Juga: Intelijen Inggris akan Latih Timnas Hindari Peretasan di Rusia

Pada dasarnya jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.

Istilah jaringan komputer juga sering kali diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan tepat, cepat dan akurat.

Singkatnya, dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

Sehingga berikut ini beberapa jaringan komputer yang sudah kami rangkum

1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya yang mana kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

2. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya, melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media pertukaran informasi/data antar komputer.

3. LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja. Kerap digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah sbobet88 deposit pulsa.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan komputer ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan tempat-tempat lainnya.

5. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Biasanya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client. Dalam hal ini komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

6. Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan jenis ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server memiliki peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

7. Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang kemudian berfungsi untuk menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri biasanya hanya berfungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk.

8. Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server).

Comments are closed.