Berikut Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak oleh Hacker

Berikut Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak oleh Hacker

Berikut Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak oleh Hacker

Berikut Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak oleh Hacker – Seorang Peretas (hacker) adalah ahli komputer yang terampil yang menggunakan pengetahuan teknis mereka untuk mengatasi masalah. Sementara “peretas” dapat merujuk ke setiap programmer komputer yang terampil, istilah ini telah menjadi terkait dalam budaya populer dengan “peretas keamanan”, seseorang.

Yang dengan pengetahuan teknisnya, menggunakan bug atau exploit untuk membobol sistem komputer. Zaman sekarang hacker semakin pintar dalam mengakses data apalagi dengan bantuan digital akan sangat mudah bagi mereka untuk meretas akun-akun orang lain.

Tentunya kamu harus waspada melihat fenomena tersebut. Karena data yang kamu download open card simpan di akun kamu akan mereka gunakan dengan tidak bertanggung jawab, bisa-bisa kamu nanti yang kena masalah. Berikut ciri jika password yang kamu gunakan masih lemah atau mudah diketahui para hacker.

1. Password yang kamu pakai masih menggunakan pola yang sangat umum

Waspada! Inilah 5 Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak Hacker

Ciri pertama jika password kamu mudah ditebak adalah jika kamu masih menggunakan pola yang sangat umum. Contohnya: Password123, abcdefgh dan lain-lain. Password seperti ini akan mudah sekali ditebak orang lain karena kodenya yang masih sangat umum.

Jika kamu masih menggunakan pola seperti itu kamu wajib banget untuk mengganti passwordmu sekarang agar akun kamu bisa lebih aman. Tipsnya adalah sebaiknya kamu menggunakan password yang lebih sulit diketahui orang misalnya kata-kata racikan sendiri, dan sebagainya.

2. Passwordmu mengandung unsur nama pribadi atau karakter populer lainnya

Waspada! Inilah 5 Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak Hacker

Misalnya kamu menggunakan nama idol favorit mu sebagai password atau nama kartun kesayangan. Password seperti ini juga mudah diretas. Tipsnya adalah jangan menggunakan nama pribadi atau karakter lainnya yang bersifat umum, gunakan kode buatan kamu sendiri.

3. Password kamu hanya terdiri dari deretan angka-angka

Waspada! Inilah 5 Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak Hacker

123456, 31092005, dan sebagainya. Apakah kamu tipe orang yang menggunakan password dengan deretan angka saja? Seperti angka favorit atau angka tanggal lahir. Sebaiknya kamu hindari walaupun terdiri dari angka-angka saja tetap password kamu belum sepenuhnya aman. Apalagi jika menggunakan angka tanggal lahir, password kamu akan semakin mudah ditebak orang. Tipsnya adalah kamu sertakan juga huruf-huruf alfabet di angka-angka tersebut agar password kamu semakin kuat.

4. Password yang kamu imput terlalu singkat

Waspada! Inilah 5 Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak Hacker

Password yang kamu gunakan masih terlalu singkat? Kamu harus waspada juga. Biasanya dalam pengisian password akan ada batas minimalnya seperti 4 kode, 6 kode, 8 kode dan seterusnya. Kamu bisa membuat password lebih panjang dari batas minimal agar semakin kuat dan tidak mudah ditebak orang.

5. Password kamu tidak menggunakan kombinasi angka dan huruf

Waspada! Inilah 5 Ciri Jika Password Kamu Mudah Ditebak Hacker

Kamu bisa mulai mengatur ulang kata sandi kamu dan menggunakan kombinasi huruf dan angka agar password kamu lebih kuat dan tidak diketahui orang. Jangan lupa juga untuk membuat catatan kecil di buku harian kamu atau aplikasi note di smartphone kamu jika suatu saat kamu lupa dengan password yang kamu gunakan atau kamu kunjungi laman lupa kata sandi yang nantinya akan mengalihkan kamu ke email pribadi kamu. Jadi kamu bisa mengatur ulang kata sandi tanpa khawatir ada yang meretas.

Setelah tahu ciri password yang gampang dibobol, segera ganti milikmu jika seperti di atas ya! Password yang kuat juga akan mengamankan data-datamu yang tersimpan di internet.

Comments are closed.