Cegah Bisnis yang Kamu Rintis Berhenti

Cegah Bisnis yang Kamu Rintis Berhenti

Sikap Ini Cegah Bisnis yang Kamu Rintis Berhenti di Tengah Jalan

Cegah Bisnis yang Kamu Rintis Berhenti – Untuk menjalankan usaha itu tidak mudah. Sebagai seorang enterpreneur, kamu harus mempertimbangkan usaha yang sedang ataupun yang akan kamu rintis. Mulai dari mental, modal dan ide semua harus kamu persiapkan.

Kamu ingin mencoba menambah penghasilan dengan cara bisnis kecil-kecilan? Sebelum itu, kamu harus memahami resiko yang musti kamu hadapi di tengah jalan. Cobaan itu bisa datang silih berganti menguji keuletanmu menjalankan usaha.

Oleh karena itu, untuk mencegah bisnismu sulit berkembang maka kamu harus membekali diri dengan sikap yang membuat konsumenmu semakin bertambah dan loyal. Nah, berikut ini adalah sikap yang perlu kamu miliki. Yuk Simak!

1. Harus mempunyai sifat sabar

Tidak hanya sabar menghadapi pengunjung yang berbeda-beda. Kamu juga harus sabar ketika jualanmu tiba-tiba sepi, sehingga keuanganmu menjadi sedikit kacau. Sabar menghadapi pertanyaan calon pembeli yang ingin penjelasan yang detail. Sabar menghadapi suplier barang yang tidak tepat waktu.

Selain itu, kadangkala kamu harus mengulang hal yang sama setiap hari. Bahkan ketika pada saat waktumu istirahat. Kamu harus bersabar juga ketika menghadapi calon pembeli yang banyak nanya, tapi ujung-ujung gak jadi. Siapa tahu lain waktu mereka mampir lagi.

2. Jangan pernah membohongi konsumen

Jangan pernah melakukan ini kepada konsumenmu meskipun hanya sekali. Ingatlah mereka itu bukan tidak mengerti, tapi mereka mungkin mengalah daripada mencari masalah. Ketika kamu berbohong pada mereka, otomatis kamu menghilangkan satu pelanggan potensial yang bisa membuatmu daganganmu laris.

Sekali saja kamu ketahuan berbohong, maka akan sulit memperbaiki kepercayaan mereka lagi. Sebaiknya kamu bilang saja dari awal bahwa ada beberapa barang yang harus diperhatikan sebelum dibeli, sehingga nanti tidak menimbulkan kekecewaan.

3. Punya relasi yang luas

Bekal paling utama jualan adalah punya relasi yang luas. Karena semakin banyak yang kamu miliki, maka daganganmu semakin banyak yang terjual. Apalagi jika kamu jualan secara online, kontak yang banyak di smartphone merupakan kewajiban. Semakin banyak orang yang melihat postinganmu, maka semakin besar peluang mendapatkan pemasukan.

Sebaliknya, jika kamu hanya punya teman sedikit, maka penjualanmu juga agak tersendat. Ya karena yang tau hanya itu-itu saja. Oleh karena itu mulai saat ini kamu harus memperbanyak jaringan pertemananmu di dunia nyata dan maya.

4. Berbekal mental baja

Kamu jualan tidak hanya sendirian. Diluar sana banyak banget yang menjalani usaha yang sama denganmu, tentunya dengan kelebihan masing-masing. Dengan masuknya kamu ke usaha itu, maka kamu juga mengurangi ceruk konsumen mereka. Jadi milikilah mental yang kuat menghadapi banyaknya saingan yang bermcam-macam kelakuannya.

Jangan sedikit kena tekanan kemudian down kemudian berhenti tidak jualan lagi. Padahal mungkin saja pelanggan baru itu lebih suka denganmu daripada saingan. Karena mereka cocok dengan pelayananmu.

5. Jangan meremehkan pembelian yang hanya sedikit

Kadangkala kamu akan menghadapi pembeli yang hanya berbelanja sedikit. Namun kamu jangan terus meremehkan mereka dengan melayaninya ogah-ogahan. Mungkin sebenarnya mereka meyakinkan diri dulu untuk beli dari kamu. Setelah itu bukan mustahil mereka akan kembali lagi padamu untuk beli lagi dalam jumlah yang lebih besar.

Jadi jangan mentang-mentang ketika sedang ramai kamu menyepelekan mereka yang beli eceran harga termurah, ya! Mereka pasti akan merekomendasikan kamu kepada temannya yang artinya kamu dapat pelanggan baru.

Itulah bekal sikap yang wajib kamu miliki ketika ingin mulai bisnis. Apapun jenisnya, baik online maupun offline pasti menghadapi hal yang sama. Semoga berhasil!

Comments are closed.