Intelijen Inggris akan Latih Timnas Hindari Peretasan di Rusia

Intelijen Inggris akan Latih Timnas Hindari Peretasan di Rusia

Intelijen Inggris akan Latih Timnas Hindari Peretasan di Rusia

Intelijen Inggris akan Latih Timnas Hindari Peretasan di Rusia – Timnas Inggris dijadwalkan akan menjalani sebuah pelatihan yang tidak biasa dari rutinitas mereka. Dikutip dari The Independent, mereka akan diajari caranya menghindari kemungkinan diretas saat Piala Dunia berlangsung oleh badan intelijen Inggris, GCHQ.

Washington dan london mengeluarkan peringatan bersama, yang menyebutkan bahwa serangan peretas dukungan pemerintah rusia ditujukan untuk meningkatkan mata-mata. Atau bisa juga juga mencegah pencurian kekayaan intelektual serta bermacam kegiatan jahat lainnya.

1. Asosiasi sepak bola Inggris memandang pelatihan itu penting 

Asosiasi sepak bola Inggris, FA, bekerja sama dengan Pusat Sekuriti Siber Nasional milik GCHQ (NCSC) untuk mengajari mereka tentang pentingnya keamanan dalam berselancar di internet.

Jika sesuai jadwal, pelatihan akan dilaksanakan pada 12 Juni mendatang St. George’s Park. Waktunya dipilih tepat sebelum Jordan Henderson dan kawan-kawan terbang ke St. Petersburg. NCSC juga diminta untuk menjaga keamanan sistem mereka dari serangan peretas Rusia.

Bulan lalu NCSC bekerja sama dengan Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat dan FBI terkait “aktivitas siber membahayakan yang dilakukan pemerintah Rusia”. CEO NCSC, Ciaran Martin, menyebut “Rusia adalah musuh paling kejam dalam sekuriti siber jadi mengatasi mereka adalah prioritas utama bagi NCSC dan rekan kami dari Amerika Serikat.”

2. Para pemain akan membawa alat-alat elektronik ke kamp 

Menurut gurauan pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, para pemainnya akan menghabiskan waktu luang dengan memanfaatkan alat-alat elektronik. “Banyak dari mereka masih anak kecil, mereka akan bermain ‘Fortnite’ atau apa lah itu namanya,” kata Southgate, merujuk pada game yang biasa dimainkan dengan PlayStation4 maupun Xbox One.

FA pun berkata bahwa alat-alat elektronik yang dibawa pemain akan melalui proses pengecekan terlebih dulu. FA ingin memastikan bahwa dalam alat-alat tersebut sudah terpasang perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menghalangi para peretas Rusia.

3. NCSC ingatkan fans Inggris yang ke Rusia untuk berhati-hati juga 

Selain skuat timnas Inggris, NCSC juga mewanti-wanti para fans yang berangkat ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia. Beberapa saran yang diberikan antara lain agar mereka membawa alat elektronik sesedikit mungkin, tak mengunduh aplikasi tak resmi serta tak memakai WIFI hotel maupun restoran.

 

 

Comments are closed.