Lagu KPop Terbaik di Tahun 2020 Menurut Majalah TIME

Lagu KPop Terbaik di Tahun 2020 Menurut Majalah TIME

Lagu KPop Terbaik di Tahun 2020 Menurut Majalah TIME

Lagu KPop Terbaik di Tahun 2020 Menurut Majalah TIME – K-pop, adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea di berbagai negara.

Tahun 2020 menjadi tahun keemasan dimana KPop banyak mendulang prestasi dan menjadi fenomena global. Ekspansi KPop bahkan merambat dengan cepat keberbagai media lain seperti novel, podcast, hingga dokumenter. Namun, musik tetap jantung KPop itu sendiri.

Meski terdapat pandemi global yang membatasi berbagai aktivitas, produktivitas KPop tidaklah menurun baik dari kuantitas maupun kualitas. Dari banyaknya lagu KPop yang rilis, majalah TIME menghadirkan aplikasi idn poker daftar lagu yang paling mendefinisikan momentup KPop tahun ini. Berikut daftar lengkapnya disusun secara acak, tidak berdasarkan peringkat.

1. ATEEZ – ‘Answer’

Lagu pertama yang mendifinisakan KPop di tahun 2020 menurut majalah TIME adalah “Answer” dari ATEEZ. ‘Answer’ sendiri dirilis pada awal tahun 2020, bebeapa hari setelah memasuki awal tahun. Lagu ini menggambarkan sebuah selebrasi untuk kemenangan seperti kata pertama dalam lagu ini yaitu “geonbae” yang memiliki makna seperti kata “cheers!“.

2. OH MY GIRL – ‘Nonstop’

“Nonstop” adalah lagu yang dinyanyikan oleh girl band beranggotakan delapan orang, OH MY GIRL, yang dirilis pada bulan april tahun ini. Menurut majalah TIME, OH MY GIRL memiliki citra yang berbeda dibanding girl band lain. Lagu ini memiliki nuansa cerah dan semangat anak muda, jauh berbeda dengan kebanyak girl band yang kini lebih memilih konsep ‘dark‘ dan seksi.

3. SEVENTEEN – ‘Home;run’

Lagu ketiga yang dipilih majalah TIME adalah lagu dari boy band SEVENTEEN, “Home;run”. Alasan utama dipilihnya lagu ini adalah nuansanya yang menggambarkan nuansa teater yang mampu mengobati kerinduan ditengah pandemi. ‘”Home;run” berhasil mengajak pendengar untuk menikmati musik sekaligus merasakan berpesta di atas panggung.

4. Hwa Sa – ‘Maria’

Lagu bertajuk “Maria” yang dibawakan oleh Hwa Sa ini sempat masuk trending di beberapa platform musik di Indonesia. Kata Maria sendiri diambil dari nama baptis Hwa Sa. Berisikan keresahan pribadi mengenai kritik dan kebencian akan dirinya di media sosial, ‘Maria’ dibawakan dengan nuansa latin mampu meninggalkan kesan yang mengharukan.

5. Apink – ‘Dumhdurum’

Tema retro dan disko mungkin menjadi tren utama KPop di tahun ini, cotoh yang paling nyata adalah lagu “Dynamite” oleh BTS. Namun, di samping lagu dari BTS tersebut, masih banyak lagu dengan tema serupa yang mungkin kurang mendapat perhatian seperti lagu dari Apink “Dumhdurum”.

Chorus yang meninggalkan kesan di lagu “Dumhdurum” membuat majalah TIME memilih lagu ini. Selain menyoroti garapan apik di bagin produksinya, majalah TIME juga memuji kecakapan vokal dari member Apink.

6. PENTAGON – ‘Daisy’

“Daisy” adalah lagu dari PENTAGON yang dirilis pada tanggal 12 Oktober 2020 lalu. Lagu ini menggambarkan perasaan yang akan dirasakan setiap orang ketika putus cinta. Lirik yang mendalam serta suara para member yang mendukung membuat majalah TIME memilh lagu ini.

7. BLACKPINK – ‘Lovesick Girls’

Kemunculan album pertama BLACKPINK yang diberi nama The Album menjadi salah satu berita terbesar KPop di tahun ini. Dari sejumlah lagu terdapat sebuh ‘permata tersembunyi’ yaitu lagu bertajuk “Lovesick Girl”.

Lagu ini tetap memiliki nuansa BLACKPINK yang mengasyikan namun juga menonjolkan melodi yang dinyanyikan keempat anggota. Ditambah gitar akustik yang mewarnai lagu ini membuat nuansa lembut dan melankolis, berbanding terbalik dengan lagu utama BLACKPINK di tahun-tahun sebelmunya.

8. EVERGLOW – ‘La Di Da’

Majalah TIME menggambarkan “La Di Da” sebagai lagu tema yang menggembirakan untuk lagu tema film superhero. Dirilis oleh EVERGLOW pada 12 September lalu, “La Di Da” menjadi salah satu lagu yang mengikuti tren retro. Lagu ini memiliki karakteristik yang menonjol pada bagian refreinnya dengan nada tinggi dari vokalis Sihyeon dan Mia yang bertolak belakang dengan nada rendah rapper E: U.

9. ITZY – ‘Not Shy’

Lagu berjudul “Not Shy” dari ITZY dirilis pada tanggal 17 Agustus 2020 dan mendapat lebih dari 10 juta views di youtube dalam 17 jam saja. Bagian refrein dari lagu ini diisi dengan saksofon, perkusi serta teriakan dari nama girl band itu sendiri. Lagu ini sendiri menggambarkan seseorang yang tidak malu dan memberanikan mengekspresikan diri sendiri dengan lebih percaya diri.

10. NCT 127 – ‘Kick It’

Lagu terakhir yang dipilih oleh majalah TIME adalah “Kick It” dari NCT 127. Bunyi musik elektronik di awal lagu begitu menggelegar. Begitu juga baris pertama lagu ini yang tidak disampaikan sebagai sebuah lagu atau pun rap tetapi lebih seperti sebuah ‘chants‘ menjadi salah satu baris KPop yang paling ikonik di tahun 2020.

Comments are closed.