Negara Ini Kaya Raya karena Sumber Daya Alamnya

Negara Ini Kaya Raya karena Sumber Daya Alamnya

Negara Ini Kaya Raya karena Sumber Daya Alamnya

Sah 'Diikat' Hukum Tiongkok, Pemerintah Hong Kong Peringatkan AS Jangan  Ikut Campur - Pikiran-Rakyat.com

Di lansir dari lefthip.com, sumber daya alam menjadi komoditas yang sering dimanfaatkan banyak negara untuk perekonomiannya. Sumber daya alam ini termasuk yang diambil dari bumi dan yang belum diekstraksi dan tumbuh secara alami tanpa bantuan manusia.

Sumber daya alam dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbarui seperti energi fosil yang akan habis pada suatu saat nanti. Kita juga mengenal energi terbarukan seperti tenaga surya.

Nah berikut ini adalah tiga negara terbesar dengan sumber daya alam paling banyak dan nilai perkiraan totalnya, menurut World Atlas yang di kutip dari IDN Poker APK.

1. Tiongkok

Tiongkok menjadi negara dengan sumber daya alam paling banyak yang diperkirakan bernilai 23 triliun dolar AS atau Rp336 kuadriliun. 90 persen dari sumber daya Tiongkok adalah batu bara dan logam tanah langka.

Namun, kayu merupakan sumber daya alam utama lainnya yang ditemukan di Tiongkok. Sumber daya lain yang diproduksi Tiongkok adalah antimon, batu bara, emas, grafit, timbal, molibdenum, fosfat, timah, tungsten, vanadium, dan seng. Tiongkok adalah produsen bauksit, kobalt, tembaga, mangan, dan perak terbesar kedua di dunia. Negara yang terkenal dengan hewan pandanya ini juga memiliki kromium dan permata berlian.

2. Arab Saudi

Arab Saudi memiliki sumber daya alam senilai sekitar 34,4 triliun dolar AS atau setara Rp503 kuadriliun dengan minyak sebagai sumber daya alamnya yang utama.

Negara ini telah menjadi pengekspor utama sejak minyak ditemukan pada 1938. Dengan 22,4 persen dari cadangan dunia, perekonomian negara sangat bergantung pada ekspor minyaknya. Arab Saudi juga memiliki cadangan gas alam terbesar keempat. Sumber daya alam Arab Saudi lainnya termasuk tembaga, feldspar, fosfat, perak, belerang, tungsten, dan seng.

3. Kanada

Negara ketiga dalam daftar ini adalah Kanada. Kanada punya komoditas senilai 33,2 triliun dolar AS atau Rp385 kuadriliun dari cadangan minyaknya yang terbesar ketiga setelah Venezuela dan Arab Saudi. Komoditas lain yang dimiliki Kanada adalah gipsum, batu kapur, garam batu, dan kalium, serta mineral energi, seperti batu bara dan uranium.

Logam di Kanada termasuk tembaga, timbal, nikel, dan seng, serta logam mulia seperti emas, platinum, dan perak. Kanada adalah pemasok utama gas alam dan fosfat dan merupakan pengekspor kayu terbesar ketiga.

Comments are closed.