Pengertian Musik Jazz, Ciri-Ciri, Sejarah

Pengertian Musik Jazz, Ciri-Ciri, Sejarah

Anak Ungkap Keinginan Terakhir Benny Likumahuwa Sebelum Meninggal

IDN POKER APK

Pengertian Musik Jazz, Ciri-Ciri, Sejarah Berkat komunitas budak Afrika-Amerika, musik jazz dikenal pada akhir abad 19 hingga awal abad 20. Banyak orang percaya, jazz berakar dari tradisi musik Afrika dan Eropa. Satu hal yang pasti, bahwa sejarah musik jazz tak bisa dilepaskan dari peran masyarakat kulit hitam Amerika Serikat.

Dalam perkembangannya, musik jazz kerapkali disebut sebagai musik yang memusingkan, sulit dimengerti, membosankan, dan bahkan dianggap musik jadul. Namun seiring berjalannya waktu, musik jazz mulai menemukan pasar dengan berinteraksi dengan berbagai jenis aliran musik.

Seringkali dalam musik-musik beraliran rock n roll, RnB, dan pop misalnya, rasa-rasa musik jazz muncul menjadi bagian dari komposisi. Dari sana, jazz akhirnya dapat diterima oleh semua kalangan. Penggemarnya pun tak cuma orang-orang generasi lama, anak-anak muda juga mulai gemar menikmati jazz.

Unntuk mencicipi musik-musik jazz, di Indonesia telah banyak musisi-musisi yang mengusung aliran musik jazz, entah secara keseluruhan atau dikombinasikan dengan aliran musik lainnya. Di antara musisi jazz Indonesia: Tompi, Indra Lesmana, Andien, dan lainnya.

Pengertian Musik Jazz

KH Han's Musik, Jasa Pembuatan & Pengrajin Alat Musik | Seputar Semarang

IDN POKER APK

Asal usul kata ‘jazz’ merupakan salah satu kata yang paling banyak dicari dalam bahasa Inggris Amerika modern. Seperti yang dijelaskan dalam wikipedia, ‘jazz’ muncul sebagai istilah dari bahasa slang, sebuah daerah pantai barat Amerika Serikat. Penggunaan istilah ‘jazz’ pertama kali digunakan sebagai istilah musik pada tahun 1915 di Chicago.

Beralih ke definisi, menurut Concise Oxford English Dictionary Revised Edition 2006, jazz adalah satu jenis musik yang berasal dari orang Amerika kulit hitam yang menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus.

Lebih dalam, Whitney Ballet menjelaskan bahwa jazz merupakan jenis musik yang sangat personal yang mirip seperti blues, memiliki vokal yang unik, suara instrumental, dan ditambah improvisasi dari pemainnya. Secara singkatnya, jazz merupakan sebuah kesempurnaan dalam sebuah musik.

Lalu bagaimana sebuah musik dapat dikatakan sebagai musik jazz? Spinditty menjelaskan bahwa musik dapat dikatakan sebagai jazz ketika terdapat harmoni, ritme, dan melodi yang berirama. Tak sampai di situ, musisi juga bisa menambahlan musik swing dan improvisasi.

Chris McGregor pernah menulis artikel pada tahun 1964 berjudul “The Classic”. McGregor menyatakan bahwa swing merupakan salah satu elemen paling penting dalam musik jazz, Selain swing, unsur improvisasi juga digarisbawahi oleh McGregor. “Musik jazz adalah sebuah seni yang dibuat secara spontan,” tulis McGregor.

Secara garis besar, jazz adalah musik yang di dalamnya terdapat sebuah ritme yang memiliki harmoni, improvisasi, 
dan dimainkan menggunakan alat musik tertentu.

Instrumen yang digunakan dalam musik jazz biasanya berupa alat musik modern dan beberapa tambahan alat musik orkestra, seperti: contrabass, gitar bass, piano, trombone, gitar, saxophone, clarinet, terompet, dan biola.

Ciri-Ciri Musik Jazz

Musical note - Wikipedia

lefthip.com

Aliran musik jazz masih dapat dikategorikan ke dalam jajaran musik populer. Hingga saat ini, melalui berbagai perkembangan di setiap zamannya, musik jazz telah banyak memunculkan aliran baru yang masih menginduk dalam rahim jazz, yang tentunya masing-masing memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda.

Namun secara umum, ciri-ciri musik jazz dapat kita rinci sebagaimana berikut:

  • Improvisasi

Satu ciri khas yang paling ditonjolkan dalam musik jazz adalah improvisasi. Bahkan dalam pertunjukan musik jazz, sangat jarang ada musisi jazz yang memainkan lagu yang sama dengan gaya yang sama berulang kali. Hal ini tentu masih berkaitan dengan kebiasaan awal musik jazz yang memang dimainkan dengan improvisasi.

  • Penggunaan instrumen

Satu ciri musik jazz yang menonjol dan berbeda dari aliran musik populer pada umumnya terletak pada penggunaan alat musik. Instrumen yang digunakan dalam musik jazz biasanya menggunakan alat musik yang memang lazim digunakan pada aliran musik jazz, seperti: terompet, saksofon, piano, gitar, biola, drum, dan contrabass atau gitar bass.

  • Sinkopasi

Satu unsur yang juga ditonjolkan dalam karakter musik jazz adalah sinkopasi yang cukup mendominasi. Sinkopaso (syncop) adalah penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (not-not dengan ketukan lemah).

  • Blue note

Blue note adalah nada yang dimainkan sedikit berbeda dari nada standar. Biasanya perubahan nada seputar antara quartertone dan semitone, namun ini masih bervariasi tergantung pada konteks musik. Blue note sangat identik dengan musik blues sebagai awal kemunculannya, dan musik jazz bisa dibilang masih berkaitan erat dengan musik blues sebagai cikal bakal..

  • Swing

Swing adalah irama mendayu-dayu yang menjadi ciri khas musik jazz. Hampir semua komposisi musik jazz didominasi dengan unsur swing yang menjadi sumber kenikmatan musik jazz.

 

 

Comments are closed.