Pertunjukan seni indonesia yang menarik perhatian dunia

Pertunjukan seni indonesia yang menarik perhatian dunia

Seni indonesia yang mendunia

Pertunjukan seni indonesia yang menarik perhatian dunia – Indonesia, negara kepulauan dengan beragam kekayaan dan keindahan alam, budaya, dan tradisi. Tidak heran jika negara kita ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para turis yang ingin menikmati suasana negara tropis dan budaya yang masih terjaga.

Beberapa kesenian asli dari Indonesia juga telah mendunia dan banyak dikenal di berbagai negara lain. Tidak heran jika para turis ingin datang ke Indonesia untuk melihat langsung keindahannya seni dan budayanya.

Pertunjukan seni indonesia yang menarik perhatian dunia

Sendratari Ramayana

Pertunjukan sendratari Ramayana biasanya ditampilkan di Candi Prambanan. Pertunjukan ini adalah gabungan antara seni tari dan drama yang mengangkat kisah Ramayana yang berusaha menyelamatkan istrinya, Sinta dari sekapan Rahwana.

Meski tanpa dialog, sendratari ini menampilkan gerakan yang memperkuat ekspresi. Dengan begitu diharapkan para penonton tetap bisa memahami maksud tarian tersebut meskipun tidak berasal dari latar belakang budaya yang sama.

Kecak

Kecak adalah salah satu pertunjukan seni asal pulau dewata, Bali. Pertunjukan ini sudah ada sejak tahun 1930 dan kini sudah dikenali oleh banyak orang bahkan hingga ranah internasional.

Pertunjukan Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk melingkar dan berpakaian kotak-kotak seperti papan catur yang melingkar di sekitar pinggang.

Kecak tidak memerlukan iringan alat musik, karena para penari menyerukan “cak” dalam tarian tersebut dan menggerakkan tangan dan lengan mereka untuk menggambarkan perang dalam kisah Ramayana melawan Rahmana yang dibantu oleh pasukan kera.

Tari Saman

Pertunjukan seni dari Indonesia yang terkenal hingga mancanegara bukan hanya tari-tarian dari Bali saja. Kenal Tari Saman? Tari Saman adalah tarian Suku Gayo sebagai media penyampaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Tari Saman biasanya ditampilkan tanpa iringan alat musik, tapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tari Saman sudah ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.

Wayang

Seni pertunjukan wayang sudah ada di Indonesia sejak berabad-abad yang lalu. Awalnya, wayang digunakan sebagai media untuk menyebarkan agama. Namun seiring berkembangnya zaman, kini pertunjukan tersebut menjadi sarana hiburan untuk masyarakat.

Di Indonesia, wayang memiliki bermacam-macam jenis. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang motekar, wayang rumput, dan lain-lain. Selain itu, wayang di Indonesia juga memiliki gaya bahasa dan keunikannya tersendiri yang berbeda dari wayang dari negara lain. Karena keunikannya, pada tahun 2003 UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan asli Indonesia dan merupakan Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional terbuat dari pipa-pipa bambu yang berkembang di masyarakat Sunda, Jawa Barat. Angklumg memang bukan satu-satunya alat musik tradisional di dunia yang terbuat dari bambu, tapi kini telah menjadi salah satu yang paling populer dan mendunia.

Sejak Desember 2010, angklung juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. Memainkan angklung bersama-sama membutuhkan kerjasama dan koordinasi. Karena itulah seni ini mendorong nilai-nilai kerjasama, menghormati orang lain, dan harmoni sosial.

Comments are closed.