Resmi IPO, Nusa Palapa Gemilang Raup Dana Segar Rp64,8 Miliar

Resmi IPO, Nusa Palapa Gemilang Raup Dana Segar Rp64,8 Miliar

Resmi IPO, Nusa Palapa Gemilang Raup Dana Segar Rp64,8 Miliar

Di lansir dari lefthip.com, PT Nusa Palapa Gemilang resmi melakukan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan asal Sidoarjo, Jawa Timur tersebut bergerak di bidang Produksi, Pemasaran dan Perdagangan Pupuk Buatan Majemuk Hara Makro Primer.

Perusahaan berkode saham NPGF itu melepas sebanyak 648.047.200 unit saham dengan nominal Rp50 per saham. Besaran saham itu setara 20 persen dari modal di tempatkan dan di setor penuh dalam perseroan.

1. Harga saham di tawarkan Rp100 per lembar

Sementara itu, harga penawaran saham di tetapkan di angka Rp100 per saham. Dalam rangka IPO tersebut, perseroan telah menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Di kutip dari IDN Poker APK, “Langkah perseroan untuk melantai di BEI adalah bagian dari strategi perseroan untuk memperbesar kapasitas pendanaan perseroan serta meningkatkan tata kelola perseroan,” ungkap Direktur Utama Perseroan, Uus Sudianto dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

2. Perseroan akan menerima dana segar Rp64,8 miliar

Selanjutnya, perseroan akan menerima dana segar dari IPO sebesar Rp64,8 miliar. Sebanyak 82 persen dari dana tersebut akan di gunakan untuk untuk akusisi lahan. Kemudian, sebanyak 17 persen akan di gunakan untuk pelunasan pembelian mesin produksi.

“Sisanya akan di gunakan untuk modal kerja perseroan berupa pembelian bahan baku bagi produksi,” lanjut beliau.

3. Permintaan saham melebihi total penawaran

Head of Corporate Finance PT UOB Kay Hian Sekuritas, Daud Gunawan mengatakan bahwa, perseroan telah memperoleh izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 29 Maret 2021. Selama masa penawaran umum pada 31 Maret hingga 7 April 2021, saham PT Nusa Palapa Gemilang mendapatkan jumlah permintaan saham sebesar 3,97x dari jumlah total penawaran saham yang di tawarkan dalam IPO Perseroan ini.

“Kami meyakini bahwa rencana ekspansi usaha yang di danai dari hasil IPO Perseroan tersebut akan memberikan efek yang positif bagi kelangsungan maupun prospek usaha Perseroan ke depannya,” kata Daud.

Comments are closed.